DAMPAK FACEBOOK TERHADAP ANAK
KATA
PENGANTAR
Segala puji syukur atas kehadirat
Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat
saya selesaikan. Makalah ini disusun agar kita dapat memperluas wawasan kita
tentang Ilmu Sosial Dasar terutama Ilmu Sosial Dasar dalam Bidang Pendidikan.
Makalah ini dibuat dalam rangka
pembelajaran mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (softskil). Pemahaman
tentang manusia dan hal – hal yang berkaitan dengannya sangat diperlukan,
dengan suatu harapan suatu masalah dapat diselesaikan dan dihindari kelak,
sekaligus menambah wawasan bagi kita semua.
Penulis juga mengucapkan terimakasih
kepada Ibu Ira Windarti selaku Dosen Ilmu Sosial Dasar, Universitas Gunadarma.
Makalah ini, tentunya masih
jauh dari kesempurnaan, karena penulis juga masih dalam tahap pembelajaran.
Oleh karena itu arahan, koreksi dan saran, sangat penulis harapkan. Semoga
makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.
Terima kasih.
Depok,26 Oktober 2012
Dheny Harjantho Turangan
ABSTRAKSI
Facebook sebagai salah satu situs jaringan sosial yang paling digemari
di dunia telah memikat hati para penggunanya. Termasuk para siswa sekolah dasar
yang usianya masih relatif kecil. Facebook memiliki berbagai macam layanan yang
membuat penggunanya betah mengakses situs tersebut. Hal inilah yang
memnyebabkan penggunanya tidak mau lepas darinya.
Pada dasarnya facebook memiliki manfaat bagi para siswa yang gemar
mengaksesnya. Namun disaat keefektifan waktu belajar mereka tersita, itu
menjadi suatu hal yang sangat buruk. Dimana usia siswa sekolah dasar yang
sejatinya adalah belajar sekarang menjadi sibuk menarikan jarinya di atas
keyboard komputer.
Sampai detik inipun mayoritas anak-anak masih terlena akan facebook.
Mereka menggunakan waktu belajarnya untuk membuka facebook. Tidak sedikit pula
yang akhirnya mengalami penurunan nilai di sekolahnya karena minat belajarnya
yang mengalami regresif.
Facebook memiliki beberapa dampak bagi anak sekolah dasar yang gemar
menggelutinya. Dampak positifnya seperti membuat silaturahmi yang lebih mudah
dan sering. Namun facebook pun memiliki dampak yang negatif, dampak negatif
facebook membuat nilai para pelajar menjadi lebih buruk dibanding pelajar yang
tidak mempunyai facebook. Hal ini disebabkan anak-anak cenderung menjadi malas
belajar, hanya facebook yang membuat mereka rajin membuka internet.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................................ 2
ABSTRAKSI...................................................................................................................... 3
DAFTAR ISI...................................................................................................................... 4
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang .......................................................................................................... 5
2.
Batasan
Masalah........................................................................................................ 5
3.
Tujuan
Penyusun........................................................................................................ 5
4.
Manfaat
Penyusunan.................................................................................................. 5
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Pengertian
dan Sejarah Facebook.............................................................................. 6
1. Pengertian Facebook......................................................................................... 6
2. Sejarah Facebook............................................................................................... 6
2.
Dampak
Facebook Terhadap Anak............................................................................ 8
1. Dampak Positif.................................................................................................. 8
2. Dampak Negatif................................................................................................ 8
3.
Upaya
Menekan Penyebaran Pengaruh Jejaring Sosial Facebook............................. 19
BAB III
KESIMPULAN.................................................................................................................. 11
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
belakang
Facebook menjadi salah
satu layanan internet yang sedang populer. Biro jasa yang membuka layanan ini
tersebar diberbagai tempat, terutama di daerah perkotaan. Penggunanya bukan
hanya orang dewasa, anak dan remaja juga tampak memanfaatkan fasilitas ini.
manfaat maupun dampak negatif yang kelak muncul tentu bergantung
pada niat dan perilaku tiap orang
yang menggunakan produk teknologi komunikasi modern itu. Oleh
karena itu, dibutuhkan upaya – upaya agar pengaruh jejaring sosial Facebook
tersebut lebih banyak berdampak positifnya dan meminimalisir dari efek
negatifnya.
2.
Batasan
Masalah
-
Hanya Menerangkan tentang Jejaring
Sosiaal Facebook serta pengaruhnya.
-
Makalah ini disusun melalui jelajah
internet.
3.
Tujuan Penyusun
-
Mengetahui apa itu Facebook dan Sejarahnya serta mengetahui pengaruhnya bagi
pendidikan anak.
-
Pembaca dapat
memahami Pengaruh Positif dan Negatif jejaring social Facebook.
-
Menghidari
efek negatif jejaring social Facebook.
4.
Manfaat Penyusunan
Manfaat
makalah ini secara teoritis adalah dapat digunakan sebagai referensi untuk
melakukan penulisan-penulisan ilmiah kembali tentang Pengaruh
Facebook Terhadap Anak.
Manfaat secara praktis makalah ini adalah dapat digunakan sebagai gambaran tentang
Pengaruh Facebook Terhadap Anak.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian dan Sejarah Facebook
1. Pengertian
Pengertian
facebook menurut
wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah situs web jejaring sosial populer
yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg,
seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High
School. Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial
yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang
memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak,
ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan
koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Bagi
yang sudah mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan
berinteraksi dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via
halaman facebook login. Sedang
bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu diwajibkan untuk
mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook baru. Caranya bisa dilihat
di artikel sebelumnya cara membuat facebook.
Kita tinggal memasukkan username(nama pengguna), alamat email, kata sandi,
tanggal lahir, dsb seperti yang diminta di form registrasi dilanjutkan dengan
langkah-langkah seperti yang diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk yang
belum punya email, apakah bisa mendaftar facebook? Bisa, tapi harus buat email
dulu.
2.
Sejarah Facebook
Sejarah
facebook berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14
Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial
facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa
dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke
sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT,
Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk
dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan
berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya,
orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac,
.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial
ini.
Selanjutnya
dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa
perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka
pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah
pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti
friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook.
Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri
Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar
10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.
Pada akhirnya,
langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus
berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya.
Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada
2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di
tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar
US dollar. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah
pengguna, di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah
melebihi angka 500 juta user
B.
Dampak
Facebook Terhadap Anak
1.
Dampak Positif
o
Mempererat Hubungan
Silaturahmi. Dengan facebook kita
dapat bertemu kembali dengan saudara, family atau pun teman lama dan dengan
mudah kita bisa berkomunikasi jarak jauh bersama mereka.
o
Sebagai Media Promosi. Facebook sangat potensial untuk mempromosikan sebuah
produk, jasa, intansi dan lain sebagainya.
o
Tempat Sarana Diskusi. Dengan facebook kita bisa bertukar pikiran ataupun
berbagi informasi dengan membuat sebuah group atau organisasi
o
Tempat Curhat, Facebook juga dapat digunakan sebagai tempat curhat
apabila kita menghadapi suatu masalah. Dengan mengupdate status sebagai curahan
hati setidaknya sudah bisa meringankan apa yang selalu membebani pikiran,
apalagi setelah mendapat komentar dari teman, baik itu hanya sekedar memberikan
humor atau semangat yang membuat suasana hati menjadi tenang dan terhindar dari
stress.
o
Tempat Penyimpanan Data
Pribadi. Koleksi atau album
pribadi dapat di simpan di facebook, tentu saja album yang di maksud merupakan
koleksi pribadi yang bisa di bagikan kepada teman sehingga mereka bisa
ikut melihat album tersebut.
o
Berbagi Informasi. Dengan facebook kita bisa saling memberikan atau
berbagi informasi mengenai apa saja yang kita miliki yang tentunya saja
bermanfaat, sehingga teman kita mendapat informasi yang mungkin saja sedang
mereka butuhkan.
2.
Dampak Negatif
o
Mengganggu pekerjaan. Banyak karyawan, dosen
dan mahasiswa yang curi-curi waktu bermain facebook saat bekerja yang
tentunya akan mengurangi hasil kerja dan dapat merugikan dirinya sendiri dan
orang lain.
o
Batasan ranah pribadi
yang menjadi kabur. Dalam facebook kita
bebas menulis apa saja dan seringkali tanpa sadar kita menuliskan hal yang
seharusnya tidak disampaikan melalui jejaring sosial, maka tak jarang pengguna
facebook terkadang tak sadar menuliskan aib dirinya sendiri pada wall facebook
nya.
o
Interaksi sosial
berkurang. Banyak orang memilih
menyendiri dirumah atau warnet ketimbang bergaul dengan teman-teman atau
anggota keluarganya.
o
Dapat menimbulkan
kesalahfahaman antar pengguna facebook. Facebook merupakan jejaring sosial yang sifatnya terbuka. Haruslah disadari
menulis status di wall facebook dan mengomentari status teman adalah sama hal
nya seperti obrolan di kehidupan nyata bahkan efeknya mungkin lebih parah
karena bahasa tulisan terkadang meimbulkan salah tafsir yang dapat menimbulkan
masalah antar sesama pengguna facebook.
o
Penipuan. Seperti media online lainnya, facebook juga rentan
dimanfaatkan untuk tujuan penipuan sampai kasus pembunuhan.
o
Mengganggu kesehatan. Facebook membuat orang berlama-lama di duduk
depan komputer, padahal duduk berlama-lama didepan komputer sangat mengganggu
kesehatan seperti kekurangan vitamin D yang akibatnya bisa membuat tulang mudah
rapuh.
o
Lupa waktu. Update status, upload
foto, mengobrol atau melihat dinding teman facebook sangat mengasikkan dan yang
akhirnya bisa membuat lupa waktu.
o
Pencurian
identitas. Mencantumkan identitas
pribadi secara lengkap seperti nomor telepomn, alamat rumah dan lain-lain,
dapat digunakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan
hal-hal negatif.
C.
Upaya Menekan Penyebaran Pengaruh Negatif
Jejaring Sosial Facebook
1.
Langkah teknis berkaitan
dengan kebijakan Kementrian Komunikasi dan Informasi tentang penyelenggaraan
program internet sehat. Program itu memungkinkan asosiasi warnet, guru atupun
pengguna internet memahami facebook sebagai piranti tukar sapa ataupun tukar
informasi bukan untuk tujuan lain. Selebihnya, Kementrian juga bisa menyebarkan
filter berupa program software untuk menekan dampak buruk teknologi informasi.
2. Perlu adanya dukungan dari orang tua, tokoh budaya hingga kalangan
agamawan, untuk mensosialisasikan tentang saran, manfaat dan sisi positif
facebook. Dalam kehdiupan sehari-hari, keluarga harus
senantiasa mengawasi anak mereka saat memanfaatkan layanan internet. Pengawasan
dapat dilakukan melalui komunikasi secara terbuka dengan si anak. Ini terutama
dimaksudkan agar orang tua dapat memantau pergaulan anaknya. Orang tua harus
mengetahui orang-orang di sekitar si anak yang kerap menjadi sahabatnya dalam ber-facebook.
Pengawasan orang tua itu pun dimaksudkan untuk mencegah sang anak menjadi
korban kekerasan, terutama perdagangan manusia. Jika ada hal-hal yang pantas
dicurigai sebaiknya segera melaporkan
kepada aparat desa adat maupun kepolisian.
BAB III
KESIMPULAN
Facebook merupakan jaringan sosial dimana para pengguna dapat
bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk
melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat
menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi
agar orang lain dapat melihat tentang dirinya.
Sangat dibutuhkan upaya
dari Kementrian Komunikasi dan Informasi upaya menyebarkan filter berupa
program software untuk menekan dampak buruk teknologi informasi, serta dukungan
dari orang tua, tokoh budaya hingga kalangan agamawan, untuk mensosialisasikan
tentang saran, manfaat dan sisi positif facebook agar pengaruh negative
jejaring social Facebook bisa dihindari.
DAFTAR
PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar